KIATNEWS, WAKATOBI : Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud turun langsung tangani pemulangan warganya yang menjadi korban sandra gerombolan teroris Abu Sayyaf.

Ilmiati Daud melakukan konsultasi ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia, terkait proses pemulangan warga Wakatobi tersebut.

“Alhamdulillah, kemarin sore pada 24 Maret 202, kami melakukan koordinasi & konsultasi dengan Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Kemenlu RI terkait WNI yang diduga diculik oleh kelompok Abu Sayyaf,” ungkapnya, Jumat (26/3/2021).

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, pihaknya diterima langsung oleh Direktur Perlindungan WNI & BHI, Juda Nugraha serta stafnya, Tody. Dari laporan yang diterima sejak 23 Maret lalu, semua sandera sudah diserahkan ke KBRI Manila.

“Dan selanjutnya menunggu jadwal pemulangan ke Indonesia. Kondisi sandera sehat semuanya, Alhamdulillah. Direncanakan juga pada 28 Maret nanti bakal diterbangkan ke Jakarta,” katanya.

Baca Juga :  Warga Lakawoghe Sebut Komentar Kadesnya Terkait Tambak Terkesan Asal Bunyi

Dijelaskannya, para korban sandra yang akan tiba dilakukan karantina terlebih dahulu selama lima hari, setelah itu dirancang acara serah terima secara fisik dan bakal diundang wakil keluarga, atas biaya Kemenlu dan minta pendampingan Pemda Wakatobi.

” Mohon doanya, semoga semua sehat dan urusan terkait pemulangan korban penculikan Abu Sayyaf bisa berjalan lancar,” pungkasnya.

 

 


(zul/kas)

Komentar
kiatnews.id