Sipra Julia Ningsih.

Saat ini, penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia semakin meluas. Guna menangani dan mencegah penyebaran Covid-19, pemerintahan pusat hingga pemerintah daerah telah mengeluarkan beberapa instruksi kepada masyarakat untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta tetap menerapkan protokol kesehatan pada saat berpergian. Tentunya, langkah ini sangat perlu dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona ini.

Virus corona merupakan penyakit menular, dimana penyakit ini adalah penyakit yang sangat berbahaya, sudah banyak korban berjatuhan karena penyakit ini. Maka dari itu, sebagai mahasiswa Poltekes-Kendari, penulis mengajak kepada seluruh lapisan mahasiswa dan masyarakat untuk bergotong royong cegah penularan Covid-19, khususnya di bumi anoa.

Berdasarkan hal tersebut, sejak dulu kita sudah diajarkan untuk bergotong royong. Dengan cara seperti apa? gotong royong yang penulis maksud ialah membantu mematuhi anjuran pemerintah agar tidak berkerumun, menjaga jarak, memakai masker kesehatan dan tak lupa mencuci tangan.

Maka dari itu, sebagai generasi muda yang cerdas dan mengedepankan intelektual, mari kita terapkan untuk mencagah penyebaran Covid-19. Virus corona bukanlah penyakit yang tidak bisa kita anggap enteng, sudah banyak korban yang berjatuhan walaupun kerap kali masyarakat sering berpikir negatif terkait mosi ketidak percayaan terhadap wabah virus corona namun tentunya penulis sebagai mahasiswa kesehatan tak henti-hentinya kami meyakinkan masyarakat agar mengikuti pola hidup sehat dalam upaya prepentiv penularan covid 19.

Baca Juga :  Menelisik Kebebasan PT. Astima Konstruksi Dalam Melakukan Ilegal Mining

Kemudian, mahasiswa Poltekes Kendari harus ambil andil dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sebagaimana profesi kesehatan yang merupakan tanggung jawab yang di emban sebagai mahasiwa kesehatan. Kami juga meminta pemerintah pusat dan daerah harus memperketat penjagaan di tiap-tiap pintu masuk kota, demi upaya prepentiv penyebaran Covid-19 karena memasuki era new normal ini, dari prespektif penulis seharusnya mampu lebih memperketat penjagaan di tiap-tiap perbatasan masing-masing sudut kota.

 

 


Oleh : Sipra Julia Ningsih
Penulis merupakan mahasiswa Poltekes Kemenkes Kendari, jurusan Ahli Teknologi Laboratorium Medik.

Komentar
kiatnews.id