Pemerintah Desa Lalonggatu Alokasikan Dana Desa untuk Penanganan Covid 19

  • Whatsapp

KIATNEWS : KONAWE – Pemerintah Desa Lalonggatu, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk penanganan Covid-19.

Kepala Desa Lalonggatu, Harmin mengatakan, pihaknya memanfaatkan DD untuk menangani pencegahan dan penularan virus corona di wilayahnya.

Read More

“Dana desa yang delapan persen itu,  digunakan untuk pengadaan masker, baliho edukasi covid -19, tandon dan pelatihan, alat-alat semprot wilayah, dan untuk cuci tangan,” ujarnya sat dihubungi via telepon, Kamis (7/4/2022).

Ia menyebutkan, anggaran dana desa yang dialokasikan untuk penanganan Covid 19 tahap pertama tahun ini sebesar  Rp20 juta. Sedangkan total anggaran yang dialokasikan sebanyak Rp56 juta.

Lebih lanjut, kata Harmin, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan penyemprotan disinfektan  di tempat-tempat umum.

“Tadi malam kita sudah bagikan masker di masjid sebanyak lima ratus pcs untuk jamaah, nanti kita simpan lagi untuk penyaluran BLT tahap dua,” katanya.

Ia membeberkan, Desa Lalonggatu tetap  melaksanakan ibadah tarawih dengan mengacu pada protokol kesehatan.

“Dalam penerapan kami kalau di sini sebenarnya mulai dari sejak bergulirnya ini Covid-19 di Desa lalonggatu tidak pernah ada yang terdampak Covid -19. Alhamndulillah  tidak ada yang terpapar Covid-19,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, penerapan  protokol kesehatan tetap berjalan dengan cara  mensosialisasikan, baik dalam pelaksanaan kegiatan di masjid ataupun balai desa.

“Kami punya tim Satgas Covid-19, ada 15 orang terdiri dari Nakes dan Babinsa, untuk mensosialisasikan soal Covid 19,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, untuk vaksinasi  tahap pertama di Desa Lalonggatu  telah mencapai 97 persen.

“Alhamdulillah, masyarakat  di sini mengerti untuk vaksninasi di Desa Lalonggatu sudah  mencapai 97 persen. Kalau untuk tahap kedua sudah lebih 50 persen. Sedangkan untuk vaksinasi booster baru berapa orang, karena kami menunggu juga jangka waktunya,” pungkasnya.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.