KIATNEWS, KENDARI : Dengan mengusung tema “Menciptakan Peluang untuk Kehidupan yang Lebih Baik”, Koperasi Jasa Karyawan Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI) sukses melaksanakan Rapat Angota Tahunan (RAT), tahun buku 2020, Rabu (31/3/2021) di salah satu Hotel di Kota Kendari.

Agenda tersebut dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Konawe, Jahiuddin, para camat di lingkar tambang dan anggota koperasi.

Pemerintah daerah (Pemda) Konawe mengapresiasi terselenggaranya RAT Koperasi Jasa Karyawan VDNI.

Kehadiran Koperasi Jasa Karyawan PT. VDNI ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan meningkatkan perekonomian karyawan serta masyarakat sekitar.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Konawe, Jahiuddin mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya RAT, karena ini sangat membantu pemerintah daerah utamanya Kabupaten Konawe.

“Alhamdulillah, dengan adanya rapat oleh Koperasi Jasa Karyawan VDNI ini, atas nama pemerintah daerah sangat-sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan tersebut,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya koperasi karyawan di VDNI, akan meningkatkan kesejahteraan hidup utamanya masyarakat yang berada di empat kecamatan.

Selain itu, koperasi tersebut juga bisa membantu dari sisi tenaga kerja, jadi beban pemerintah daerah ini akan terbantu dengan adanya koperasi tersebut.

“Mudah-mudahan ke depan akan lebih baik dan lebih maju lagi. Dari sisi dukungan tugas dan fungsi kami dalam hal pembinaan dan pengawasan, kami akan selalu memberikan dukungan utamanya dalam melengkapi dokumen mereka supaya bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.

Baca Juga :  Wabup Wakatobi Turun Langsung Tangani Pemulangan Warga yang Disandera Teroris Abu Sayyaf

Ketua sekaligus pendiri Koperasi Jasa Karyawan VDNI, A. Chairrillah Wijdan mengatakan, koperasi yang dinahkodainya itu dirikan pada 2016 lalu dengan jumlah anggota saat ini sebanyak 100 orang.

Pendiri dan Ketua Koperasi Jasa Karyawan VDNI, A. Chairrillah Wijdan.

Pria yang populer dengan sapaan Nanung ini menjelaskan alasan yang mendasari berdirinya Koperasi Jasa Karyawan VDNI, yang berawal dari melihat potensi perusahaan yang karyawan begitu banyak, sehingga harus ada satu wadah sebagai pemersatu dari karyawan-karyawan, agar mereka bisa lebih nyaman dalam bekerja meniti karir, begitu pula dengan masyarakat sekitar lokasi pabrik.

Nanung juga berharap, dengan keberadaan koperasi tersebut, maka perekonomian masyarakat sekitar tambang itu bisa tumbuh berkembang.

“Kita sebagai masyarakat lokal, jangan hanya menonton atau hanya makan saja, tetapi kita harus bergerak dan bekerja di pabrik itu,” kata Nanung.

Lebih lanjut, Ia menambahkan, dengan adanya koperasi ini, maka bisa menciptakan satu peluang pekerjaan melalui usaha-usaha yang bisa dilakukan secara bersama dengan asas prinsip koperasi dan menjadikan motivasi. Diakuinya, pemilik pabrik mendukung pendirian koperasi terasebut.

“Semua sudah kita lengkapi, Alhamdulillah sampai posisi akhir Desember itu tercatat jumlah yang menjadi anggota adalah 100 orang,” ucapnya.

 

 


(ocy/kas)

Komentar
kiatnews.id